Rabu, 31 Januari 2018

Selayang Pandang Desa Kelbung



(Foto: Pintu Gerbang Masuk Desa Kelbung)

Kelbung merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Sepulu, kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya terletak 8 km dari pusat Kecamatan Sepulu yang dapat ditempuh dengan jarak 45 km dari pusat kota Bangkalan.

Desa Kelbung terdiri dari 7 dusun yaitu Dusun Sibalan, Dusun Pangloros, Dusun Longkak, Dusun Nibung,  Dusun Tema’ah, Dusun Rages dan Dusun Gayung. Ketujuh dusun tersebut berada pada lahan desa Kelbung seluas 10,11 km2 dengan jumlah penduduk 5.909 jiwa, dengan rincian sebanyak 2.914 jiwa penduduk laki-laki dan 2.995 jiwa penduduk perempuan.

Desa Kelbung berada pada area perbukitan yang masih sangat menjunjung tinggi adat istiadat serta nilai-nilai agama. Slogan “Desa Dzikir dan Sholawat” akan dijumpai saat memasuki kawasan desa. Hal tersebut mencerminkan kehidupan sehari-hari masyarakat yang mana terdapat kurang lebih tiga pondok pesantren serta kegiatan rutin yaitu pengajian yang diadakan setiap hari Jumat.

Mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani yang sistem pertaniannya masih sangat bergantung pada musim. Para petani menanam padi saat musim hujan sedangkan pada musim kemarau menanam jagung sebagai tanaman pengganti padi. Mereka mengandalkan air hujan sebagai sumber pengairannya sebab di desa tersebut sangat minim sumber mata air. Selain itu, penduduk Desa Kelbung bekerja sebagai TKI (tenaga kerja Indonesia), peternak sapi, serta sebagai pengrajin Tali Agel.

Potensi hasil pangan yang ada di desa Kelbung berupa padi, pisang, dan singkong. Utamanya singkong dulunya pernah menjadi makanan pokok masyarakat sebab saat itu jumlah penghasilan padi belum maksimal. Sedangkan pada sektor peternakan terdapat sapi, kambing etawa dan ayam yang mana setiap saat dapat mereka jual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Desa Kelbung memiliki banyak sejarah yang menarik untuk diketahui antara lain mitos batu Jaran, sejarah to baddung, batu po’on, serta cerita beberapa buju’ (makam kramat para tokoh desa) yang ada di desa Kelbung. Panorama desa Kelbung sangat mempesona. Hal tersebut dapat dilihat saat berada di puncak bukit. Di sisi utara terlihat hamparan laut jawa yang sangat indah sementara di sisi selatan tampak gugusan perbukitan yang mempesona.  Selain itu, desa Kelbung sebagai desa yang berkawasan di daeran perbukitan yang memiliki pemandangan sangat mengagumkan berpotensi untuk dijadikan destinasi wisata bukit.


0 komentar:

Posting Komentar