Minggu, 28 Januari 2018

Beginilah, Pelatihan Produksi Kripik Pisang Mahasiswa Trunojoyo dengan Warga Kelbung



(Foto: Warga Membawa Produk Kripik Pisang KKN 30)


Kuliah Kerja Nyata Kelompok 30, Universitas Trunojoyo Madura, mengadakan pelatihan produksi kripik Pisang di desa Kelbung, kecamatan Sepulu, kabupaten Bangkalan. Dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 10.00, pelatihan ini berhasil dilaksanakan di rumah kepala desa Kelbung, bapak Muhammad Isni.

Pelatihan yang dihadiri oleh 11 warga dusun Sibalan ini bertujuan untuk pemaparan proses produksi kripik Pisang beserta cara pemasarannya. “Pada dasarnya, pelatihan ini sama dengan pelatihan sebelumnya, yakni produksi kripik Singkong. Satu-satunya perbedaannya, pada pelatihan ini lebih mudah karena minyak tidak terlalu melekat di kripik Pisang. Berbeda daripada kripik Singkong, sebelumnya,” ujar Lutfhianti Elok, salah satu pelatih produksi kripik Pisang ini.

Terkait pemasaran, Cholis Bayu selaku pelatih pemasaran memaparkan materi yang telah disampaikan. “Ada beberapa yang tadi disampaikan, antara lain bagaimana caranya menentukan segmentasi pasar, membuat produk kita unik dan berbeda dari yang lain, pembuatan tester untuk pelanggan, dan bagaimana caranya bekerja sama reseller,” ucapnya.

Kendati pelatihan ini berhasil dilaksanakan, para warga masih terkendal alat produksi kripik Pisang seperti spinner untuk meniriskan kripik dari minyak, dan alat pemotong untuk pembuatan kripik.  



0 komentar:

Posting Komentar