Minggu, 28 Januari 2018

Asal-Usul Nama Desa "Kelbung"



(Foto: Mahasiswa Bersama Narasumber Ustaz Mahsum)


Kelbung memiliki banyak kisah sejarah yang unik. Namun, nama "Kelbung" sendiri bukanlah nama pertama desa ini. Ada nama lain sebelumnya. Sayangnya, ketika ditanya nama desa sebelum "Kelbung", masyarakat tidak mengetahui. Kebanyakan masyarakat justru menganggap bahwa "Kelbung" adalah nama pertama.

Sebelumnya, nama desa ini telah ditelusuri ke beberapa narasumber antara lain bapak Amri, ustaz Umar, ustaz Rusdi, dan bapak Mardawi. Namun, para ustaz dan tokoh masyarakat tersebut tidak ada yang mengetahui. Satu-satunya data yang bisa diambil yaitu dari bapak ustaz Mahsum. Berikut keterangan sejarah asal-usul nama desa berdasarkan penjelasan beliau.

Kata "Kelbung" berkaitan dengan sejarah perisitwa G30S PKI. Kisah ini berkaitan dengan peristiwa pembantaian yang dilakukan PKI terhadap kaum yang kontra dengan paham komunis. Pembantaian tersebut dilakukan dengan sangat kejam.

Orang-orang komunis membunuh satu per satu orang yang tidak sejalan dengan paham yang dianutnya. Mereka membunuh dengan memenggal kepala, kemudian membuang mayat mereka ke sungai. Mayat yang dibuang ke sungai selama berhari-hari menjadi "kembung". Dari sinilah nama desa "Kelbung" terbentuk. "Kelbung" berasal dari kata e ghel-ghel yang berarti "memenggal". Sementara bunyi "bung" berasal dari peristiwa perut mayat yang melembung di sungai.

Ketika ditanya tentang nama desa sebelum "Kelbung", ustaz Mahsum mengatakan tidak tahu. "Saya lupa," demikian beliau mengatakan. Berdasarkan penuturan masyarakat, sejarah desa banyak diketahui oleh almarhum ustaz Musawi. Namun, karena kurangnya penuturan sejarah lisan kepada para pemuda, nama desa pertama tidak dapat ditelusuri.

Perlu diketahui sebelumnya, ustaz Mahsum adalah kemenakan dari almarhum ustaz Musawi. Oleh karena itu, untuk sementara ini, satu-satunya data yang dapat dipercaya adalah data dari beliau. 



0 komentar:

Posting Komentar